-->

Jenis Jenis Lebah Madu Yang Ada Di Indonesia



Jenis jenis Lebah madu yang ada di indonesia
Jenis-jenis lebah madu
Mungkin anda sudah biasa mendengar nama madu atau juga anda sudah sering mengkonsumsi berbagai jenis madu. Madu berasal dari serangga yang disebut lebah. Lebah ini akan menghasilkan madu dengan mengumpulkan nektar dari bunga tanaman. Tapi lebah bukan hanya menghasilkan madu saja tetapi juga polen, royal jeli dan propolis.

Di indonesia peternak maduk belum begitu banyak sehingga kadang suplay  tidak cukup untuk memenuhi permintaan pasar. Selain madu hasil dari ternakan lebah masyarakat juga biasanya juga memanen madu dari hasil buruan madu hutan namun sayangnya  pemanenan madu hutan kadang dilakukan tidak sesuai prosedur ada beberapa pemanen yang langsung membakar koloni lebah agar terhindar dari sengatan lebah hutan tersebut.

Budidaya madu ternakan pertama kali dilakukan di indonesia oleh seorang berkebangsaan Belanda yang bernama Rijekeus Sekitar tahun 1841. Ia memperkenalkan teknik budidaya yang baik dan benar.
Jenis –jenis Lebah madu yang ada di Indonesia.
 Di Indonesia memang terdapat berbagai jenis lebah yang hidup dan tinggal tetapi hanya beberapa 
lebah saja yang dapat menghasilkan madu dengan baik.

Apis Cerana

Apis Cerena
Apis Cerena
Lebah ini merupakan lebah yang paling banyak di budidayakan oleh masyarakat. Lebah ini tersebar di daratan asia. Mulai dari jepang hingga afganistan. Lebah ini dibudidayakan  menggunakan kotak (stup) atau menggunakan batang kelapa yang yang sudah di lubangi batangnya.Lebah ini memiliki produksi 2-5 kg madu pertahunnya dalam satu kotak budidaya.

Apis Dorsata.

 Sarang Lebah Apis Dorsata
Koloni Apis Dorsata

Lebah ini merupakan lebah liar yang terdapat di hutan tropis di indonesia lebah ini sering dijumpai di hutan kalimantan dan sumatera. Lebah ini merupakan lebah yang tergolong sulit untuk di kordinir memiliki sifat yang sangat agresif, sampai saat ini lebah ini masih sangat sulit untuk dibudidayakan.

Madu dari apis dorsata biasanya dipanen oleh pemburu dari hutan itulah sebabnya madu dari apis dorsata sering di sebut madu hutan.
Lebah apis dorsata memiliki bentuk tubuh yang cukup besar berbeda dengan lebah madu lainnya. Lebah ini bisa memiliki bentuk sarang yang cukup besar bisa mencapai 2-3 meter. Produksi madu dari lebah apis dorsata cukup banyak dalam satu tahun satu koloni lebah ini bisa menghasilkan 20-40 kg madu segar.

Apis dorsata biasanya membuat sarang di pohon yang tinggi dan tebing –tebing batu sehingga kadang sangat sulit untuk di jangkau akibatnya pemanenan lebah ini tergolong sangat sulit.

Apis Mellifera

Apis Mellifera
Apis Mellifera

Lebah ini merupakan jenis lebah yang cukup banyak dibudidayakan. Lebah ini sebenarnya bukan lebah asli indonesia, apis mellifera berasal dari daratan eropa. Lebah ini banyak di budidayakan di negara  Italia, Prancis dan Yunani.
Lebah Mellifera pertama kali dibawa ke indonesia oleh bangsa belanda. Teknik budidaya lebah ini juga tergolong cukup mudah, lebah ini juga tergolong lebah yang jinak dan jarang menyengat. Produksi madu dari lebah mellifera tergolong sangat tinggi mencapai 30 – 50 kg pertahun dalam satu kotak koloni.
Berikut adalah beberapa jenis lebah meillifera yang banyak banyak di budidayakan.
  • Apis mellifera mellifera
    Berasal dari Belanda tergolong lebah yang suka berpidah rumah. Warna tubuhnya gelap, hasil madu sedang.
  • Apis mellifera lingustica
    Berasal dari Italia, dalam hal produktivitas lebah ini penghasil madu nomor satu baik dari jumlah maupun mutu. Lebah jantan berwarna lebih terang dan aktif bergerak.
  • Apis mellifera carnica
    Cukup terkenal di Amerika Serikat. Warna tubuh gelap kecuali bagian perut berwarna lebih muda. Penghasil madu yang baik hanya saja suka berpindah-pindah.
  • Apis mellifera caucasia
    Lebah ini berasal dari wilayah Kaukasia, Rusia. Tubuhnya berwarna gelap hingga kuning dan jingga.
  • Apis mellifera lehzeniBanyak dibudidayakan di Eropa Utara atau wilayah Skandiavia. Warna tubuhnya hitam kecoklatan.

Lebah Klanceng/ Lebah Kelulut

 Lebah Klanceng
Lebah Klanceng

Lebah ini merupakan lebah madu yang memiliki ukuran tubuh  paling kecil diantara jenis lebah madu yang ada. Lebah Klanceng hanya berukuran 2-3 mm saja. Memiliki warna hitam sedikit kecoklatan.
Lebah ini merupakan lebah yang tidak memiliki sengat sehingga dalam proses budidayanya  petani tidak perlu kawatir dengan sengatan dari lebah ini. Lebah ini tergolong sangat unik lebah ini menghasilkan propolis untuk membuat sarang dan tempat madu.
Lebah Klanceng biasanya hidup liar di lobang batang pohon yang memiliki suhu lembab dan terhindar dari cahaya. Petani biasanya menernakkan lebah ini pada kotak kayu dan dalam bambu.

 Madu dari lebah klanceng
 Madu sarang lebah kelulut
Itulah bebera jenis lebah madu yang ada di indonesia semoga bermanfaat terimakasih.

0 Response to "Jenis Jenis Lebah Madu Yang Ada Di Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel