-->

Cara Budiaya Lebah Klanceng /Kelulut Untuk Pemula

Budidaya Lebah Klanceng/ Kelulut
Sarang Lebah Klanceng

Budidaya Klanceng/Kelulut 

Mengenal Lebah Klanceng 

Lebah Klanceng
Labah klanceng Pekerja
Sebelum kita melakukan budidaya lebah kalanceng kita terlebih dahulu mengenal apa itu klanceng.
Klanceng merupakan salah satu lebah yang berukuran kecil yang tidak memiliki sengat seperti lebah madu pada umumnya. Dalam bahasa latin klanceng disebut dengan Trigona.sp. 

Berikut adalah taksonominya:
Kingdom     : Hymenoptera
Klas           : Apidae
Ordo          : Apinae
Famili         : Meliponini
Genus         : Trigona
Spesies       : Trigona clypearis Friese, 1908
di beberapa daerah ada beberapa sebutan untuk lebah jenis ini ada yang menyebut kelulut, lanceng , klanceng, bon-bon dan lainnya.


Lebah  pekerja memiliki warna hitam, berukuran kecil sekitar 3-5 mm dan memiliki rentang sayap 9 mm, dan lebah klanceng ratu memiliki ukuran yang lebih besar dari lebah pekerja sekitar 10-20 mm bagian perut ratu lebah besar mirip dengan laron, memiliki warna kecoklatan dan sayap yang pendek. Sedangkan lebah klanceng jantan hampir mirip dengan lebah pekerja tetapi dengan ukuran yang lebih besar sedikit dan lebih kecil dari ukuran ratu.


Lebah klanceng biasaya hidup berkoloni seperti lebah pada umumnya. Koloni ini bisa mencapai ribuan –ratusan ribu lebah dalam satu koloni. Didalam koloni tersebut terdiri dari ratu lebah, pejantan dan lebah pekerja.
Lebah klanceng mencari makanan dari bunga bunga tanaman yang menghasilkan nektar.Lebah klanceng bukan hanya menghasilkan madu tetapi juga propolis. Sehingga lebah klanceng ini sangat layak untuk dibudidayakan karena memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Lebah klanceng biasanya hidup ditempat yang lembab dan tertutup dengan suhu tidak lebih dari 30 derajat selsius. Koloni lebah klanceng biasanya membuat sarang pada batang pohon yang memiliki lubang, bagian dalam bambu dan lubang pada bebatuan.

Setelah anda mengenal lebah klanceng dengan baik maka kita akan melangkah ketahap selanjutnya yaitu proses dan teknik budidaya.
Membuat Sarang budidaya lebah klanceng

Hal yang paling utama dalam budidaya lebah klanceng adalah pembuatan tempat budidaya lebah itu sendiri. Karena didalam sarang yang akan kita buat nantinya akan menjadi tempat hidup sekaligus tempan penyimpanan madu.

Sarang lebah klanceng biasanya terbuat dari material kayu karena mudah dimodifikasi tetapi tidak sedikit pembudidaya lebah klanceng yang menggunakan bambu. Hal yang paling penting dalam sarang lebah klanceng adalah buatlah tempat lebah tersebut senyaman mungkin bagi koloni yang akan tinggal dan berkembang disarang tersebut.


Hal hal yang harus diperhatikan dalam membuat sarang lebah klanceng:
Sarang Lebah Klanceng
Sarang Lebah Klanceng yang terbuat dari kotak kayu

1. kayu yang digunakan tidak berbau bahan kimia
2. jangan memberi cat pada kayu yang anda gunakan karena aroma cat tersebut akan mengganggu lebah nantinya.
3. Konstruksi sarang tidak boleh terbuka. Sarang harus tertutup dengan diberi lubang berdia meter 2-3 cm.
4. peletakan  sarang ditempatkan pada tempat yang aman terhindar dari cecak, dan hewan pemakan serangga lainnya.

Berikut adalah bahan bahan material dan contoh sarang lebah klanceng yang dapat anda gunakan.
1. bambu
2. kotak kayu
3. tempurung kelapa
4.tembikar

Setelah sarang lebah selesai dibuat langkah selanjutnya adalah memindahkan koloni kedalam sarang yang telah kita buat itu.
Pemindahan koloni lebah klanceng dapat kita pindahkan secara manual dengan mengambil lebah ratu dari koloni klanceng dan menempatkan ratu tersebut di dalam sarang yang baru. Dan otomatis lebah-lebah pekerja akan langsung mengikuti sang ratunya.

Jika anda merasa kesulitan untuk mendaptkan ratunya anda bisa saja langsung memindahkan sarang lebah klanceng kedalam sarang yang baru dibuat.

Pemeliharaan Lebah Klanceng

Sebenarnya lebah klanceng merupakan hewan yang tidak memerlukan pemelihaan yang sangat intens pemberian makanan jug tidak perlu kita lakukan, lebah pekerja bisa mencari makanannya sendiri. Tapi walaupun begitu kita tidak bisa membiarkannya begitu saja karena lebah klanceng ini memiliki berbagai musuh seperti semut, cecak dan hewan pemakan serangga lainnya.

Penempatan sarang lebah klanceng juga sebaiknya di tempatkan pada tempat yang baik bebas dari asap bakaran dan ditempatkan pada tempat yang teduh agar tidak terkena air hujan.

Pemanenan madu lebah klanceng

Cara Memanen Madu lebah Klanceng
Madu Lebah Klanceng Yang siap Dipanen

Madu lebah klanceng yang akan di hasilkan memang tidak sebanyak madu ternak lainnya. Karena koloni yang tidak sebanyak madu ternak juga ukuran yang kecil sehingga otomatis lebah ini tdak bisa membawa nektar sebanyak lebah ternak biasa.

Tetapi jangan berkecil hati jika madu yang di hasilkan lebih sedikit. Madu lebah klanceng memiliki kasiat yang lebih baik dari madu ternak biasa dan biasanya harga madu lebah klanceng akan dihargai lebih mahal dari madu lebah lainnya.

Pemanenan  mandu dilakukan dengan pengambilan madu dari bulir bulir yang menempel pada kotak sarang, hati hati saat pengambilan madu ini agar telur lebah jangan ikut terambil.

Setelh itu dapat dilakukan pemerasan madu tetapi ada jug petani yang melakukan penyedotan menggunakan mesin sedot madu untuk madu klanceng.
Sekian cara budidaya lebah madu klanceng semoga bermanfaat terimakasih.

0 Response to "Cara Budiaya Lebah Klanceng /Kelulut Untuk Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel