-->

Cara Melakukan Sambung Pucuk Pada Durian


Cara melakukan sambung pucuk pada durian
Sambung Pucuk Durian
Mungkin anda sudah sering mendengar teknik sambung pucuk pada tanaman durian, tetapi anda tidak tahu bagaimana cara melakukan sambung pucuk tersebut. sebelum saya menjelaskan bagaimana cara melakukan sambung pucuk pada durian mari kita lihat dahulu bagaimana cara kerja sambung pucuk dan apa saja keunggulan yang akan kita dapatkan jika kita melakukan sambung pucuk.


Jika anda menanam durian menggunakan biji yang disemai tanpa melakukan teknik lain maka durian yang anda tanam akan membutuhkan 10-15 untuk berbuah. Waktu yang sangat lama bukan? Dan jika anda menanam durian langsung dari bijinya buah yang akan dihasilkan nantinya belum tentu sama dengan indukannya.


Ada banyak kemungkinan dari kualitas buah durian yang nanti dihasilkan oleh pohon yang ditanam dari biji jika kita tidak melakukan manipulasi  pada batangnya. Buah yang dihasilkan bisa saja lebih baik, bisa sama dengan indukan, tetapi bisa saja lebih buruk dari indukannya. Kita tidak dapat menentukan seperti apa yang akan dihasilkan oleh pohon tersebut.
Itulah sebabnya kita melakukan sambung pucuk. Dengan sambung pucuk kita dapat memanipulasi tanaman kita agar menghasilkan tanaman dengan buah unggul. Tanaman yang akan tumbuh akan sesuai dengan apa yang kita harapkan, kita dapat memilih seperti apa yang kita mau, karena pucuk yang kita sambungkan pada tanaman akan mewariskan sifat dari pucuk itu sendiri tanpa terpengaruh oleh batang bawahnya.

Tanaman dengan sambung pucuk juga akan lebih cepat berbuah dibandingkan dengan tanaman yang ditanam dari biji tanpa sambung pucuk karena tanaman sambung pucuk menggunakan pucuk tanaman yang sudah berbuah dengan batang pucuk yang sudah relative dewasa dan siap untuk menghasilkan buah. Durian dengan metode sambung pucuk akan mulai berbuah jika sudah berumur 3-4 tahun saja cepat sekali bukan?

Hal-hal yang anda perlukan untuk melakukan sambung pucuk.


Bahan-bahan:
1. Bibit durian dari biji (seedling)
2. Pucuk durian unggul (endtrees)

Alat-alat yang diperlukan:
1. Pisau grafting / silet / cutter/ pisau (yang penting tajam)
2. plastik es/ plastik okulasi (digunakan sebagai pengikat dan sungkup)

Syarat –syarat yang dibuthkan jika ingin melakukan sambung pucuk durian.

Pucuk

Pucuk yang kita gunakan adalah pucuk tanaman yang sudah dewasa dengan batang dan daun yang sudah dewasa. Sebaiknya pucuk yang kita gunakan diambil dari tanaman durian yang sudah berbuah dan menghasilkan buah yang baik dan terbukti unggul.

Batang bawah

Batang bawah yang kita gunakan sebaiknya sudah kita tumbuhkan dengan media tanam yang sudah dipolibag, sehat, memiliki batang yang kokoh dan tidak penyakitan.
Batang dan pucuk yang kita gunakan sebaiknya memiliki ukuran yang  sama agar saat melakukan sambung pucuk tanaman bisa saling menyatu dengan baik.
Batang bawah dan pucuk unggulan ini nantinya akan bersambung satu sama lain dan tumbuh seperti durian pada umumnya.

Teknik sambung pucuk yang baik dan benar pada tanaman durian


Setelah kita telah mempersiapkan bahan dan alat kita langsung saja melakukan sambung pucuknya. Tapi sebelumnya pastikan pisau yang anda gunakan adalah pisau yang tajam dan bersih bebas dari karat.
Selanjutnya kita potong batang tanaman durian (seedling) setinggi 15 cm dari atas tanah polibag. Kemudian kita belah batangnya tepat di tengahnya. Selanjutnya kita siapkan batang atas (endtrees) sebaiknya berukuran tidak lebih dari 20 cm kita lakukan sayatan membentuk huruf “V” sayatan ini  sejauh 1,5 cm dari ujung bawah pucuk. Lalu batang atas (endtrees) kita masukkan pada belahan batang bawah (seedling) pastikan sayatan batang atas bersentuhan seluruhnya pada batang bawah. 

Lalu kita ikat menggunakan plastik es/ plastik okulasi/.
Pengikatan sebaiknya dilakukan dengan rapat tanpa celah tetapi tidak juga terlalu kencang. Kemudian kita beri sungkup pada bagian batang atas menggunakan plastik es sampai menutupi keseluruhan batang atas(endtrees)
setelah melakukan hal tersebut kita sudah selesai melakukan hal utama pada sambung pucuk durian.


Hal- hal yang harus diperlukan setelahnya adalah tanaman yang sudah kita sambung pucuk sebaiknya kita letakan pada tempat yang teduh tidak terkena matahari langsung bisa dibawah pohon atau atap paranet tetapi jangan ditempat yang gelap.

Lakukan penyiraman setiap hari dengan teratur agar tanaman berkembang dengan baik. Biasanya tanaman akan tumbuh pucuk pada hari ke 14. Jika pucuk sudah mulai tumbuh janga lupa untuk melepas sungkup plastik yang terpasang.

Jika tanaman sambung pucuk yang sudah tumbuh semakin besar nantinya kita dapat memindahkannya ke tempat atau polybag yang besar atau bisa langsung kita tanam ditanagh terbuka.
Tanaman durian yang kita lakukan sambung pucuk bisanya tidak memiliki batang yang tinggi dan sudah akan berbuah jadi diharapkan jika tanaman sudah berbuah diberi penyanggah agak ranting tanaman tida patah saat menahan buah yang ada.

Dan yang harus diperhatikan selalu perhatikan hasil sambungan batang jangan sampai ada hama yang memakan batang pada bagian ini karena akan rentan sekali dan dapat menybabkan kematian pada tanman durian yang anda punya.
Demikian cara melakukan sambung pucuk pada tanaman durian semoga bermanfaat  terimakasih.







0 Response to " Cara Melakukan Sambung Pucuk Pada Durian"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel